Halaman

Banner 468 x 60px

"Akar Pendidikan itu Rasanya Pahit Tapi Buahnya Manis" (Aristoteles)
 

RPS Media BK


RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)

Matakuliah                         : Media BK
Sks                                     : 2 Sks
Jurusan/ProgramStudi     : Bimbingan dan Konseling
DosenPengampu              : Mudaim, M.Si



I.    DeskripsiPerkuliahan

Matakuliahinimengkaji dan menganalisishakikat Media Bimbingan Konseling menurut berbagai pandangan,  kedudukan  media BK dalam proses pembelajaran. Mengidentifikasi Hakikat Media BK. Hakikat Media dalam Bimbingan dan Konseling, Klasifikasi Media Bimbingan dan Konseling, Mendesain Media Bimbingan dan Konseling, Teknik Pemilihan Media Bimbingan dan Konseling, Teknik Pembuatan Media, Teknik Menggunakan Media Bimbingan dan Konseling.

II.      StándarKompetensi

Setelahberakhirnyasemesterduamahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
1.    Mengenalidanmemahamipengertian, fungsi, danmanfaat media sebagaialat bantu bimbingandankonseling.
2.    Memilih media yang tepatsebagaialat bantu dalambimbingandankonseling.
3.    Menggunakanbeberapa media sebagaialat bantu dalambimbingandankonseling.
4.    Mengembangkanbeberapa media sebagaialat bantu dalambimbingandankonseling.
5.    Membuat program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microsoft office word.
6.    Membuat program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program grafikdan clip art microscoft office excel.
7.    Membuat program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program  worksheet microscoft office excel.
8.    Membuat program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microscoft office power point.
9.    Membuat program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microscoft office publisher.

III.    Indikator
Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
1)      Mahasiswadapat :
a)         Menjelaskanpengertian media
b)        menjelaskanciri-ciri media
c)         menjelaskanfungsi media program bimbingankonseling
d)        menjelaskanmanfaat media dalam program bimbingankonseling.
2)      Mahasisiwadapat:
a)        mengenalibeberapa media yang dapatdigunakandalambimbingandankonseling
b)        memilih media yang sesuaidengan program bimbingankonseling.
3)      Mahasiswadapat:
a)      mengenalidanmenjelaskan media berbasismanusia
b)      mengenalidanmenjelaskan media berbasiscetakan
c)      mengenalidanmenjelaskan media berbasis visual
d)     mengenalidanmenjelaskan media berbasis audio-visual
e)      mengenalidanmenjelaskan media internet.
4)      Mahasiswadapat :
a)      menjelaskandanmengembangkan media berbasis visual
b)      menjelaskandanmengembangkan media audio-visual
c)      menjelaskandanmengembangkan media internet.
5)      Mahasiswadapat:
a)        menjelaskanmicrosoft office word
b)        menggunakanmicrosoft office worduntukpenyimpanan data layananbimbingankonseling
6)      Mahasiswadapat;
a)      Menjelaskangrafikdanclip art microsoft office excel
b)      menggunakangrafikdanclip art microsoft office exceluntukpublikasi program layananbimbingankonseling.
7)      Mahasiswadapat;
a)      menjelaskanworksheet mocrosoft office excel
b)      menggunakan worksheet mocrosoft office excel untukpenyimpanan data layananbimbingankonseling.
8)      Mahasiswadapat;
a)      Menjelaskanmicrosoft office power point
b)      menggunakanmicrosoft office power pointuntukpresentasidalamlayananbimbingankonselingklasikal.
9)      Mahasiswadapat;
a)      menjelaskanmicrosoft office publisher
b)      menggunakanmicrosoft office publisheruntukpublikasilayananbimbingankonseling.
10)  Mahasiswadapat :
a)      M enjelaskanlingkungan program flash Mx
b)      menggunakan program flash Mxuntukmenggambardanmemanipulasigambaruntuklayananbimbingankonseling
c)      melakukananimasigambardengan program flash Mxuntukpresentsidalamlayananbimbingankonselingklasikal

11)  Mahasiswadapat :
a)      menjelaskane-mail
b)      menggunakane-mail untuklayananbimbingankonselingpribaditanpatatapmuka

12)  Mahasiswadapat;
a)      Menjelaskanblog
b)      menggunakanblog untuklayananbimbingankonselingpribadimaupunklasikaltanpatatapmuka.
13)  Mahasiswadapat;
a)      Menjelaskanwebsite
b)      menggunakanwebsite untuklayananbimbingankonselingpribadimaupunklasikaltanpatatapmuka.
IV.   KegiatanPerkuliahan
Kegiatanperkuliah yang akandilakukanuntukmencapaikompetensitersebut di atasadalah:
1.    Ceramaholeh Tim Dosen Pembina ataudosentamu
2.    DiskusiataraDosen Pembina – mahasiswadanantarmahasiswa
3.    Pemanfaatanpembelajaranberbasis Web
4.    TugasKelompokdanTugas individual
5.    Ujiantengahdanakhir semester.

V.     Tugas-TugasMahasiswa
1.  Melakukanpengkajiandanpenelusuransumber-sumber yang terkaitdenganmedia BKbaikdari media cetakmaupundari internet baikuntuktugasmandirimaupunkelompok.
2.  Menyusunlaporanhasilpengkajiandanpenelurusansumber-sumberbaikdari media cetak, maupundari internet.
3.  Mempresentasikantugaskelompokdan mengumpulkan tugas individu.

III.   Evaluasi

Kreteria:
a.      Kreteria evaluasi tugas kelompok  dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran serta observasi lapangan.
b.     Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: relevansi, kejelasan     uraian, prosedur, dan prinsip yang digunakan. 
c.     penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.
d.     Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi      saran, pertanyaan dan menyimpulkan.

V. Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester  40 %.
Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
A, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 3 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

A- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 1 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat  dua hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

C- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan penggatian tugas dari tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.
D   Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari  70 % dari jumlah perkuliah-an, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.
E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari  60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan  mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

VI.  Jabaran kegiatan Perkuliahan dalam  Pertemuan

Waktu
Pertemuan Ke
Materi
Keterangan

1
Overview Perkuliahan: Pembahasan RPS, Kontrak Perkuliahan, Aturan Perkulihan.
Penjelasan dari Tim Dosen

2
Pengertian, fungsi, danmanfaat media sebagai alat bantu bimbingandankonseling.
Tim Dosen

3
kedudukan  media BK dalam proses pembelajaran.
Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

4
Kemampuanmemilih media yang tepatsebagaialat bantu dalambimbingandankonseling.
Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

5
Penggunaanbeberapa media sebagaialat bantu dalambimbingandankonseling (1)
Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

6
Pengembangan(mendesain media)beberapa media sebagaialat bantu dalambimbingandankonseling (2)
Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

7
Pembuatanbeberapa media sebagaialat bantu dalambimbingandankonseling (3)

Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

8
UTS
TIM Dosen

9
Pembuatan program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microsoft office word, Photoshop, dan Corel draw. (4)
Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

10
Pembuatan program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program grafikdan clip art microscoft office excel.(5)

Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

11
Pembuatan program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program worksheet microscoft office excel. (6)

Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

12
Pembuatan program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microscoft office power point. (7)
Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

13
Pembuatan program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microscoft office publisher. (8)
Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

14
Pembuatan program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program flash Mx, e-mail,  blog, dan website atau program-program lain yang mendukung. (9)
Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

15
Rekapitulasi penggunaan media yang bermanfaat dan tepat guna untuk Bimbingan konseling. (10)
Penelusuran Sumber, Presentasi  Mhs

16
UAS
Tim Dosen

DAFTAR RUJUKAN:
Nursalim, Mochammad. 2013. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta Barat: Akademia Permata

Santrock, J. Jhon . 1993. Adolescene : An Introduction, Wisconsin: Brown & Benchmark : Publisher.

Rizki A.R., 2008, Tutorial Praktis Microsoft office Words 2007, Bandung Yrama Widya.

Tim EMS, 2009, Menyelesaikan Tugas dengan Office 2007 dan Internet, Jakarta: Gramedia.

Tim Cyber, 2008, Hari Mahir Membuat Website Mudahnya Membuat Website dengan Joomla. Jakarta: HP Cyber Community.






















0 comments:

Post a Comment

 
Mudaim, M.Si © 2018