RENCANA
PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
Matakuliah : Media BK
Sks : 2 Sks
Jurusan/ProgramStudi : Bimbingan
dan Konseling
DosenPengampu : Mudaim,
M.Si
I. DeskripsiPerkuliahan
Matakuliahinimengkaji dan
menganalisishakikat Media Bimbingan Konseling menurut berbagai
pandangan, kedudukan media BK dalam proses pembelajaran. Mengidentifikasi Hakikat Media BK. Hakikat Media dalam
Bimbingan dan Konseling, Klasifikasi Media Bimbingan dan Konseling, Mendesain
Media Bimbingan dan Konseling, Teknik Pemilihan Media Bimbingan dan Konseling, Teknik
Pembuatan Media, Teknik Menggunakan Media Bimbingan dan Konseling.
II. StándarKompetensi
Setelahberakhirnyasemesterduamahasiswa
FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
1.
Mengenalidanmemahamipengertian,
fungsi, danmanfaat media sebagaialat bantu bimbingandankonseling.
2.
Memilih
media yang tepatsebagaialat bantu dalambimbingandankonseling.
3.
Menggunakanbeberapa
media sebagaialat bantu dalambimbingandankonseling.
4.
Mengembangkanbeberapa
media sebagaialat bantu dalambimbingandankonseling.
5.
Membuat
program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microsoft office word.
6.
Membuat
program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program grafikdan clip art microscoft office excel.
7.
Membuat
program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program worksheet microscoft office
excel.
8.
Membuat
program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microscoft office power point.
9.
Membuat
program bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microscoft office publisher.
III. Indikator
Setelah
berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan
ini akan mampu:
1)
Mahasiswadapat :
a)
Menjelaskanpengertian media
b)
menjelaskanciri-ciri media
c)
menjelaskanfungsi media program
bimbingankonseling
d)
menjelaskanmanfaat media dalam
program bimbingankonseling.
2)
Mahasisiwadapat:
a)
mengenalibeberapa media yang
dapatdigunakandalambimbingandankonseling
b)
memilih media yang sesuaidengan
program bimbingankonseling.
3)
Mahasiswadapat:
a)
mengenalidanmenjelaskan media
berbasismanusia
b)
mengenalidanmenjelaskan media
berbasiscetakan
c)
mengenalidanmenjelaskan media
berbasis visual
d)
mengenalidanmenjelaskan media
berbasis audio-visual
e)
mengenalidanmenjelaskan media
internet.
4)
Mahasiswadapat :
a)
menjelaskandanmengembangkan
media berbasis visual
b)
menjelaskandanmengembangkan
media audio-visual
c)
menjelaskandanmengembangkan
media internet.
5)
Mahasiswadapat:
a)
menjelaskanmicrosoft office word
b)
menggunakanmicrosoft office worduntukpenyimpanan data layananbimbingankonseling
6)
Mahasiswadapat;
a)
Menjelaskangrafikdanclip art microsoft office excel
b)
menggunakangrafikdanclip art microsoft office exceluntukpublikasi
program layananbimbingankonseling.
7)
Mahasiswadapat;
a)
menjelaskanworksheet mocrosoft office excel
b)
menggunakan worksheet mocrosoft office excel untukpenyimpanan data
layananbimbingankonseling.
8)
Mahasiswadapat;
a)
Menjelaskanmicrosoft office power point
b)
menggunakanmicrosoft office power pointuntukpresentasidalamlayananbimbingankonselingklasikal.
9)
Mahasiswadapat;
a)
menjelaskanmicrosoft office publisher
b)
menggunakanmicrosoft office publisheruntukpublikasilayananbimbingankonseling.
10) Mahasiswadapat :
a)
M enjelaskanlingkungan program flash Mx
b)
menggunakan program flash Mxuntukmenggambardanmemanipulasigambaruntuklayananbimbingankonseling
c)
melakukananimasigambardengan
program flash Mxuntukpresentsidalamlayananbimbingankonselingklasikal
11) Mahasiswadapat :
a)
menjelaskane-mail
b)
menggunakane-mail untuklayananbimbingankonselingpribaditanpatatapmuka
12) Mahasiswadapat;
a)
Menjelaskanblog
b)
menggunakanblog untuklayananbimbingankonselingpribadimaupunklasikaltanpatatapmuka.
13) Mahasiswadapat;
a)
Menjelaskanwebsite
b)
menggunakanwebsite untuklayananbimbingankonselingpribadimaupunklasikaltanpatatapmuka.
IV.
KegiatanPerkuliahan
Kegiatanperkuliah yang
akandilakukanuntukmencapaikompetensitersebut di atasadalah:
1.
Ceramaholeh
Tim Dosen Pembina ataudosentamu
2.
DiskusiataraDosen
Pembina – mahasiswadanantarmahasiswa
3.
Pemanfaatanpembelajaranberbasis
Web
4.
TugasKelompokdanTugas
individual
5.
Ujiantengahdanakhir
semester.
V. Tugas-TugasMahasiswa
1.
Melakukanpengkajiandanpenelusuransumber-sumber
yang terkaitdenganmedia BKbaikdari
media cetakmaupundari internet baikuntuktugasmandirimaupunkelompok.
2.
Menyusunlaporanhasilpengkajiandanpenelurusansumber-sumberbaikdari
media cetak, maupundari internet.
3.
Mempresentasikantugaskelompokdan mengumpulkan
tugas individu.
III. Evaluasi
Kreteria:
a.
Kreteria evaluasi
tugas kelompok dari aspek tingkat
kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan
penelusuran serta observasi lapangan.
b.
Kreteria hasil
evaluasi tugas individu adalah dari aspek: relevansi, kejelasan uraian, prosedur, dan prinsip yang
digunakan.
c.
penelusuran
sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.
d.
Presentasi
kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan.
V. Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupkan komulatif
dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian
Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok.
15 %, Ujian Tengah Semester 20 %
dan Ujian Akhir Semester 40 %.
Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
A, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal
80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok
paling lambat 3 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk
dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
A- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal
80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok
paling lambat 1 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk
dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal
80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok
pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai
masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
B- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal
80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok
terlambat dua hari dari tanggal
presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti
ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma
yang ditetapkan untuk itu.
C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal
75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok
terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi
kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai
masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
C- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal
75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok
terlambat lebih dari satu minggu dan penggatian tugas dari tanggal yang telah
ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan
ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.
D Jika hadir mengikuti perkuliahan
kurang dari 70 % dari jumlah
perkuliah-an, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari
satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama, tidak mengikuti
presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester
memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.
E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan
tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi
kreteria diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti
presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester
memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
VI. Jabaran kegiatan Perkuliahan dalam Pertemuan
Waktu
|
Pertemuan Ke
|
Materi
|
Keterangan
|
|
1
|
Overview
Perkuliahan: Pembahasan RPS, Kontrak Perkuliahan, Aturan Perkulihan.
|
Penjelasan dari
Tim Dosen
|
|
2
|
Pengertian,
fungsi, danmanfaat media sebagai alat bantu bimbingandankonseling.
|
Tim Dosen
|
|
3
|
kedudukan media BK dalam proses pembelajaran.
|
Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
|
|
4
|
Kemampuanmemilih media yang
tepatsebagaialat bantu dalambimbingandankonseling.
|
Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
|
|
5
|
Penggunaanbeberapa media
sebagaialat bantu dalambimbingandankonseling (1)
|
Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
|
|
6
|
Pengembangan(mendesain
media)beberapa
media sebagaialat bantu dalambimbingandankonseling (2)
|
Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
|
|
7
|
|
Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
|
|
8
|
UTS
|
TIM Dosen
|
|
9
|
Pembuatan program
bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microsoft office word, Photoshop, dan Corel draw. (4)
|
Penelusuran
Sumber, Presentasi Mhs
|
|
10
|
Pembuatan program
bimbingankonselingdenganmenggunakan media program grafikdan clip art microscoft office excel.(5)
|
Penelusuran
Sumber, Presentasi Mhs
|
|
11
|
Pembuatan program
bimbingankonselingdenganmenggunakan media program worksheet microscoft office excel. (6)
|
Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
|
|
12
|
Pembuatan program
bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microscoft office power point. (7)
|
Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
|
|
13
|
Pembuatan program
bimbingankonselingdenganmenggunakan media program microscoft office publisher. (8)
|
Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
|
|
14
|
Pembuatan program
bimbingankonselingdenganmenggunakan media program flash Mx, e-mail, blog, dan
website atau program-program lain yang mendukung. (9)
|
Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
|
|
15
|
Rekapitulasi
penggunaan media yang bermanfaat dan tepat guna untuk Bimbingan konseling.
(10)
|
Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
|
|
16
|
UAS
|
Tim Dosen
|
DAFTAR RUJUKAN:
Nursalim,
Mochammad. 2013. Pengembangan Media
Bimbingan dan Konseling. Jakarta Barat: Akademia Permata
Santrock, J. Jhon
. 1993. Adolescene : An Introduction,
Wisconsin: Brown & Benchmark : Publisher.
Rizki A.R., 2008,
Tutorial Praktis Microsoft office Words
2007, Bandung Yrama Widya.
Tim EMS, 2009, Menyelesaikan Tugas dengan Office 2007 dan
Internet, Jakarta: Gramedia.
Tim Cyber, 2008, Hari Mahir Membuat Website Mudahnya Membuat
Website dengan Joomla. Jakarta: HP Cyber Community.
0 comments:
Post a Comment