Halaman

Banner 468 x 60px

"Akar Pendidikan itu Rasanya Pahit Tapi Buahnya Manis" (Aristoteles)
 

RPS Teori Kepribadian

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
MATA KULIAH :TEORI KEPRIBADIAN
Dosen Pengampu: Mudaim, M.Si
Program Studi Bimbingan dan Konseling


CAPAIAN PEMBELAJARAN

S1.1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

S5.2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9.3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11.4. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik

P1.1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika.

KU6.1. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

KU7.2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

KU8.3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

KK1.1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra  kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;

KK2.2. mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

CP MK Teori Kepribadian

MK1. 1. Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan tentang teori kepribadian (S5,S11, P1, KU7). 2) Mampu menerapkan prinsip-prinsip dinamika kelompok yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan  sehari-hari yang terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Quran dan Sunnah. (S1, S9,S11, KU6, KU8)

MK3 3. Mampu menampilkan pribadi dengan keterampilan membantu (helping) dengan teknik umum dan khusus bagi kelompok dalam suasana terapiutik. Komponen Mendukung (P1,S9,KK2)

Deskripsi Singkat MK Mata kuliah ini membekali mahasiswa pengetahuan mengenai: konsep teori kepribadian, faktor yang mempengaruhi kepribadian, teori kepribadian psikoanalisis dari Sigmund Freud, teori psikologi analisis dari Carl Gustav Jung, Teori Kepribadian Erik Erikson, Teori Kepribadian Behavioristik, Teori Kepribadian Humanistik, Teori Kepribadian Koqnitif dari A. Kelly, Teori Kepribadian Analisis Faktor dari Raymond Bernard Cattell, Psikologi Individual suatu pendekatan secara psikologi sosial, Teori Allport: Psikologi Individu, Teori Kurt Lewin: Psikologi Medan dan Teori Kepribadian dalam Perspektif Islam. Mata kuliah ini juga membekali pemahaman mahasiswa dengan konsep teori yang terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Quran dan Sunnah pada setiap materi perkuliahan

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan
Mahasiswa mampu memahami konsep teori kepribadian dan manfaatnya bagi praktek bimbingan dan  konseling
Mahasiswa memahami cara pembentukan kepribadian dan teori-teori tentang terbentuknya kepribadian manusia
Mahasiswa memahami konsep dasar teori kepribadian
Mahasiswa memahami konsep dasar prilaku manusia
Menjelaskan mekanisme perilaku menurut berbagai pendekatan
Menjelaskan dinamika perilaku individu dan kelompok

Pustaka Utama
  • Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, A. Juntika. (2011). Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Suryabrata, Sumadi. (2011). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  • Alwisol. (2005) Psikologi Kepribadian. Malang : Penerbit Universitas Muhammadyah Malang.
  • Boeree, CG. (1997) .Personality Theories :Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia. (Alih bahasa : Inyiak Ridwan Muzir). Yogyakarta: Primasophie.
  • Dirgagunarsa, Singgih. (1978) Pengantar Psikologi. Jakarta : BPK Gunung Mulia.
  • Farozin, H. M. Dan Fathiyah, Kartika Nur. (2004) Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta : Rineka Cipta.
  • Koeswara, E. (2001) Teori-teori Kepribadian. Bandung Eresco.
  • Supratiknya, A. (editor) (1993) Teori-teori Holistik : Organismik – Fenomenologis. Yogyakarta : Kanisius
  • Kuntjojo, 2009. Psikologi Kepribadian. Diktat: Pendidikan Bimbingan Dan Konseling Universitas Nusantara PGRI Kediri: Https://Saidnazulfiqar.Files.Wordpress.Com/2008/04/ Psikologi-Kepribadian.Pdf
Pendukung: Al-Quran dan As-Sunnah, Media Pembelajaran: LCD dan Projector

Jabaran Materi Pembelajaran untuk setiap Pertemuan



1.Memahami Kontrak Perkuliahan dan pendahuluan

  • Menjelaskan kurikulum pembelajaran teori kepribadian
  • Kontrak Perkuliahan
  • Kontrak perkuliahan
  • Deskripsi Perkuliahan
  • Silabus Pengantar
2.Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar teori kepribadian
  • Menjelaskan konsep dasar konsep teori kepribadian Kriteria:
  • Ketepatan dan Penguasaan materi tentang gambaran umum Konsep teori kepribadian
  • Pengertian teori kepribadian 
  • pola kepribadian 
  • perubahan kepribadian
  • karakteristik kepribadian
  • faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman teori kepribadian
3. Mahasiswa mampu menjelaskan faktor yang mempengaruhi kepribadian
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian Kriteria:
  • Faktor genetika
  • Faktor lingkungan
4.Mahasiswa mampu menjelaskan teori kepribadian psikoanalisis dari Sigmund Freud
  • Menjelaskan teori kepribadian psikoanalisis dari Sigmund Freud Kriteria:
  • Tokoh dan  teori dasar psikoanalisa
  • Struktur kepribadian
  • Dinamika kepribadian 
  • Perkembangan kepribadian
  • Implikasi teori psikoanalisis terhadap Bimbingan dan Konseling
5. Mahasiswa mampu menjelaskan teori kepribadian psikologi analisis dari Carl Gustav Jung
  • Menjelaskan Teori kepribadian psikologi analisis dari Carl Gustav Jung Kriteria:
  • Definisi dan Struktur kepribadian
  • Dinamika kepribadian
  • Perkembangan kepribadian
  • Tahap-tahap perkembangan kepribadian
  • Implikasi teori psikoanalisis Carl Gustav Jung terhadap Bimbingan dan Konseling
6.Mahasiswa mampu menjelaskan teori kepribadian dari Erik Erikson
  • Menjelaskan Teori kepribadian dari Erik Erikson Kriteria:
  • Ego kreatif
  • Teori perkembangan psikososial
  • Pembahasan teori Erik Erikson
7. Mahasiswa mampu menjelaskan teori kepribadian Behavioristik
  • Menjelaskan teori kepribadian Behavioristik
  • Pembiasaan Klasik: Teori Pavlov
  • Pengkondisian Operan: Teori Skinner
  • Teori Belajar Sosial: Teori A. Banduran
  • Implikasi teori kepribadian behavioristik terhadap Bimbingan dan KonselinG
8. Ujian Tengah Semester



9. Mahasiswa mampu menjelaskan teori kepribadian humanistik


  • Menjelaskan teori kepribadian humanistik
  • Teori “person centered” dari Rogers
  • Teori kepribadian dari  Abraham Maslow
  • Kritik terhadap teori Humanistik
  • Implikasi teori kepribadian humanistik terhadap Bimbingan dan Konseling

10. Mahasiswa mampu menjelaskan teori kepribadian koqnitif dari George A. Kelly
  • Menjelaskan teori kepribadian koqnitif dari George A. Kelly
  • Pandangannya tentang manusia
  • Struktur kepribadian
  • Proses (dinamika) Kepribadian
  • Perkembangan Kepribadian
  • Psychopathology
  • Implikasi teori kepribadian dari George A. Kelly terhadap Bimbingan dan Konseling
11. Mahasiswa mampu menjelaskan teori kepribadian analisis faktor dari Raymond B. Cattell
  • Menjelaskan teori kepribadian analisis faktor dari Raymond B. Cattell
  • Orientasi teori kepribadian Cattel
  • Riwayat hidup Cattell
  • Hakikat Kepribadian
  • Perkembangan kepribadian 
  • Konteks sosial
  • Implikasi teori kepribadian dari Raymond B. Cattell terhadap Bimbingan dan Konseling
12. Mahasiswa mampu menjelaskan Psikologi Individual sebagai suatu pendekatan secara psikologi sosial
  • Menjelaskan Psikologi Individual suatu pendekatan secara psikologi sosial
  • Pengantar Pokok-pokok Teori Allport
  • Implikasi teori kepribadian dari Allport terhadap Bimbingan dan Konseling
13. Mahasiswa mampu menjelaskan teori Allport: Psikologi Individu
  • Pengantar Teori Kepribadian Kurt Lewin
  • Implikasi teori kepribadian dari Kurt Lewin terhadap Bimbingan dan Konseling
14. Mahasiswa mampu menjelaskan Teori Kurt Lewin: Psikologi Medan
  • Menjelaskan Teori Kurt Lewin: Psikologi Medan Pengantar
  • Teori Kepribadian Kurt Lewin
  • Implikasi teori kepribadian dari Kurt Lewin terhadap Bimbingan dan Konseling
15. Mahasiswa mampu menjelaskan kepribadian menurut perspektif agama Islam.   
  • Menjelaskan kepribadian menurut perspektif agama Islam.   
  • Hakekat manusia
  • Makna kepribadian
  • Dinamika kepribadian
  • Tipe kepribadian
  • Perkembangan kepribadian
  • Implikasi teori kepribadian islam terhadap Bimbingan dan Konseling
16. Ujian Akhir Semester


















0 comments:

Post a Comment

 
Mudaim, M.Si © 2018